Fokuslah terhadap yang Dibutuhkan Orang lain, Bukan kepada yang Kita Inginkan…

Posted on Updated on

Mas Anwar, kalau kita berbisnis, kita harus rubah mindset kita dulu… Berbisnis tidak semata-mata ingin mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, tapi berbisnis pada dasarnya adalah menolong orang….

Fokus aja dengan yang dibutuhkan orang lain, maka kita akan mendapatkan produk apa yang ingin kita jual. Jangan kita malah fokus buat produk dengan yang kita inginkan saja, nanti malah ngga nyambung apa yang diinginkan orang lain.

Demikian beberapa nasihat yang saya dapat dari salah satu mentor saya. Mba Ino, panggilannya…seorang pekerja keras, pebisnis muda, sekaligus ibu rumah tangga yang handal.

Bahwa kalau ingin langgeng dalam bisnisnya, mulailah dari meluruskan niat kita di awal, di tengah dan di akhir.

Di awal, saat saya mengazzamkan tekad saya untuk berbisnis, berarti saya harus meluruskan niat saya. Saya harus lihat atas dasar apa pelanggan ingin membeli produk saya. Ketika saya bisa memenuhi yang dibutuhkan oleh pelanggan dalam membeli produk saya, berarti saya sudah menolong orang tersebut untuk mendapatkan kebutuhannya.

Di tengah, saat saya mulai bertransaksi dengan pelanggan, saya tetap harus meluruskan niat saya. Tidak boleh sedikitpun terselip semata-mata hanya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, sehingga saya harus memastikan bahwa produk yang saya jual sesuai dengan yang diharapkan oleh pelanggan saya.

Di akhir pun, saya tetap harus meluruskan niat saya. Karna produk yang saya jual adalah produk kesehatan, dan lebih banyak yang terjual adalah susu kambing etawa (yang memang terbukti secara klinis dan empiris membantu penyembuhan beberapa penyakit yang diderita),  saya insya Allah selalu berdo’a kepada Allah SWT, bahwa produk yang saya jual benar-benar bermanfaat untuk para pelanggan saya, dan yang saat ini memilih produk saya menjadi bagian dari ikhtiarnya dalam proses penyembuhan terhadap penyakitnya, mudah-mudahan segera diberikan kesembuhan atas penyakitnya.

Ada pertanyaan menarik dari seseorang,… Mas Anwar, kalau yang membeli produknya memang berniat untuk kesembuhan atas penyakitnya, kemudian Mas Anwar juga mendo’akan untuknya supaya cepat sehat, dan ternyata benar-benar sehat, berarti dia ga akan beli lagi dong produknya Mas Anwar…? Berarti akan berkurang dong pelanggannya Mas Anwar…?

Saya sangat senang sekali, ketika banyak pelanggan saya benar-benar mendapatkan manfaatnya atas ikhtiar mereka membeli produk saya, seperti susu sapi atau susu kambing etawa atau yoghurt untuk kesehatan. Berarti saya benar-benar berhasil sebagai pebisnis, karna mindset saya Berbisnis adalah Menolong. Tentunya dengan keyakinan penuh bahwa semakin saya memudahkan apa yang dibutuhkan orang lain, saya pun akan senantiasa diberi kemudahan oleh Allah subhanahu wata’ala….

Yang ingin mengetahui manfaat-manfaat dari produk yang saya sediakan, bisa dilihat di Manfaat Susu Sapi, atau Khasiat susu kambing atau Manfaat Yoghurt

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s