Belajar Bisnis Online dimulai dari Mindset !!!

Posted on Updated on

Memulai #bisnis online tak hanya sekedar berawal dari minat dan kegemaran kita browsing di internet selama berjam-jam lho. Banyak sekali hal yang perlu dipelajari untuk bisa mencapai taraf kesuksesan tertentu. Mempelajari banyak hal dapat membuat cara pandangan kita terhadap dunia online dan digital semakin berubah. Hal tersebut juga sangat dipahami, Adryan Fitra, salah seorang internet marketer muda yang sukses.

Seperti yang ditulis oleh Ubaidillah Mughini, pendiri Medsa Interactive, Adryan Fitra bersedia membagi pengalamannya sebagai internet marketer sukses di Indonesia. Dan berikut ini adalah beberapa poin mengenai mindset yang harus dimiliki pebisnis online agar bisa mengembangkan bisnisnya secara efektif:

1. Fokus Pada Satu Hal yang Ingin Dikembangkan

Memfokuskan diri pada pekerjaan atau bidang yang ingin dikembangkan menjadi mindset penting yang pertama. Sempat mengenyam pendidikan internet marketing dari Anne Ahira sang CEO AsianBrain.com, kala itu Adryan sangat fokus melakukan apa yang diajarkan oleh Anne Ahira. Adryan Fitra pernah membuat 400 blog per hari, dengan jumlah artikel sebanyak 10 hingga 4.000 tulisan per blog.

Hasilnya, diakhir bulan tim Adryan Fitra berhasil meraih earning dari Google Adsense sebesar US$ 1.300. Setelah merasa bahwa hal tersebut menjanjikan peluang yang bagus, Adryan Fitra memutuskan untuk fokus pada Google Adsense dan menolak ajakan kawannya untuk membuka akun Clickbank di virtual office Singapura.

2. Belajar Banyak Hal Tanpa Henti

Dari hal-hal yang dipelajari oleh Adryan, setidaknya ia mengambil kesimpulan singkat dari 3 jenis #sosial media yang tengah populer di kalangan pengguna internet Indonesia, yakni Facebook, Twitter dan Instagram. Kesimpulannya adalah :

  1. Facebook: klasifikasi market di Facebook mampu menjangkau kalangan menengah ke bawah dan masyarakat di luar kota besar
  2. Twitter: mayoritas pengguna Twitter lebih banyak berada di kota-kota besar
  3. Instagram: Instagram lebih menjangkau masyarakat kalangan menengah ke atas dengan mayoritas pengguna berusia muda

Melalui hasil pembelajaran dan analisis tersebut, barulah kita bisa menentukan teknik promosi dan cara persuasif untuk mempengaruhi minat dan psikologi para target bisnis kita. Oleh karena itu, kita harus terus mempelajari perkembangan teknologi agar bisnis yang kita kembangkan dapat mengikuti tren dan permintaan pasar yang senantiasa bergerak dinamis.

3. Selalu Sharing dan Berbagi Ilmu

Menyempatkan diri untuk sharing dan berbagi ilmu dengan komunitas bisnis yang tepat dapat membantu kita untuk memperoleh ilmu baru yang belum pernah kita pelajari sebelumnya. Kita tak hanya mendapatkan ilmu dari komunitas, namun secara tak langsung juga belajar dengan cara menjawab pertanyaan yang sebelumnya mungkin tak terpikirkan oleh kita.

Adryan Fitra bahkan mengaku rela tak dibayar saat menjadi pembicara di berbagai seminar pengembangan bisnis karena ia menganggap bahwa tambahan ilmu yang ia dapat sungguh lebih bermanfaat ketimbang bayaran yang diperolehnya.

4. Cara Memulai Bisnis Online

Memulai bisnis online harus berawal dari mencari tahu (riset) seberapa besar potensi pasar. Kita dapat menggunakan Google untuk membantu menghitung trafik dan tren terhadap suatu keyword tertentu. Setelah mengetahui seberapa besar peluang bisnisnya, kita baru bisa memutuskan hal apa yang ingin kita tawarkan pada calon pelanggan. Hal ini tidak hanya berlaku untuk para pebisnis online dengan produk real, karena bisa juga diterapkan oleh para internet marketer yang ingin menjalin kerjasama dengan klien bisnis.

Kita bisa mulai menjadi internet marketer dengan menawarkan hal yang bersifat nyata pada klien. Misalnya saja, menjanjikan hasil nyata berupa banyaknya jumlah penelpon atau pengunjung suatu bisnis jual beli mobil bekas. Untuk perangkat promosinya, kita bisa menggunakan fitur Facebook Ads atau SEM (Search Engine Marketing-Adwords).

Jadi intinya, banyak belajar, berbagi ilmu dan langsung mempraktekkan hal yang sudah dipelajari menjadi salah satu kunci merintis bisnis online atau menjadi internet marketer yang sukses. Karena mempelajari hal baru tak harus dengan cara mengenyam pendidikan formal, namun juga bisa melalui berbagai pengalaman yang sudah kita rasakan sendiri maupun pengalaman dan sharing dari orang lain. Yuk berbisnis online secara cerdas!

sumber: https://www.maxmanroe.com/membangun-mindset-pebisnis-online-ala-adryan-fitra.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s