SUSU PASTEURISASI

Posted on

SUSU PASTEURISASI

Perbedaan antara  Susu Pasteurisasi dengan susu lainnya

 Selama ini masyarakat Indonesia beranggapan bahwa semua jenis susu itu sama, tapi apakah benar begitu? Mari kita bahas satu persatu berbagai jenis susu.

 Di Indonesia, kita dapat menemui berbagai macam jenis susu:

  • Susu bubuk Susu bubuk ini merupakan jenis susu yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Mengapa demikian? Sebab dahulu banyak orang yang tidak memiliki lemari es, dan susu segar tidak dapat disimpan tanpa pendingin. Oleh karena itu, susu bubuk menjadi popular di Indonesia.Namun demikian, susu bubuk ini merupakan hasil evaporasi atau penguapan susu, jadi susu dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi sampai airnya menjadi uap, menyisakan padatan susu atau susu bubuk!”Pemanasan pada suhu yang tinggi ini tentu berpengaruh pada kualitas nutrisi yang ada di dalam susu”. Kalau anda lihat kemasan susu bubuk, mereka mengklaim bahwa susu mereka ditambah dengan vitamin dan sebagainya. Hal ini diperlukan karena kebanyakan vitamin dan nutrisi alami pada susu akan rusak pada suhu yang begitu tinggi.
  • Susu kental manis Susu kental manis sebenarnya bukanlah susu. Kandungan gulanya 60%, jadi susu kental manis lebih mirip dengan sirup gula daripada susu.Bahkan, di setiap label susu kental manis diharuskan penulisan ‘bukan untuk konsumsi bayi bawah 3 tahun’
  • Susu UHT  Sesuai dengan namanya, susu UHT dipanaskan dengan temperature sangat tinggi (Ultra High Temperature), yakni pada 140°C.Semua bakteri yang ada di dalam susu mati karena proses pemanasannya, termasuk bakteri baik.
  • Susu SterilPada umumnya, susu steril adalah susu cair yang dipanaskan dengan suhu diatas 100°C selama beberapa menit dan dalam keadaan yang dikedapkan (di dalam kaleng).Dan, sebagaimana dengan susu bubuk, kandungan nutrisinya pun sudah banyak yang hilang atau rusak.
  • Susu Segar Pasteurisasi   Susu Pasteurisasi termasuk ke dalam kategori susu segar. Susu Pasteurisasi diproses dengan proses pemanasan pasteurisasi, yakni susu dipanaskan pada suhu 70°-80ºC selama 30 detik untuk mematikan bakteri-bakteri pathogen, atau bakteri berbahaya.

Keunggulan produk Susu Pasteurisasi:

  1. Terbuat dari 100% susu segar, hasil perahan peternakan sendiri
  2. Proses pasteurisasi berdampak minimum terhadap kandungan gizi susu
  3. Umur susu yang pendek yang artinya konsumen akan selalu mendapat susu yang segar

Susu Pasteurisasi adalah susu sapi segar yang mengalami proses pasteurisasi untuk membunuh 99.99% bakteri yang ada dalam susu. Proses pemanasan yang relatif rendah pada suhu 72°C menjaga kualitas nutrisi dan rasa pada susu.

Susu pasteurisasi botol 250ml, 3 varian rasa: coklat, vanilla dan strawberry
Susu pasteurisasi botol 250ml, 3 varian rasa: coklat, vanilla dan strawberry

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s